Senin, 04 Mei 2009

Rumus IF

Rumus IF

=IF(Kondisi,X,Y) penulisan pada Excell
@IF(Kondisi,X,Y) penulisan pada Lotus-123

yaitu mengevaluasi nilai, apabila sesuai dengan kondisi, maka akan diberikan argumen-X, tetapi apabila sebaliknya, maka akan diberikan argument-Y


Berdasarkan contoh diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa :

* Guru yang telah bertugas selama 10 tahun adalah sebagai argument Kondisi atau syarat yang harus dipenuhi oleh data yang dievaluasinya.

* Tunjangan dari pemerintah sebesar 15% dari Gaji Pokok adalah argument-X.
Argument-X akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi

* Tunjangan dari pemerintah sebesar 5% dari Gaji Pokok adalah argument-Y.
Argument-Y akan diberikan apabila data yang dievaluasi tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi

Catatan : Argumen X dan Argumen Y bisa berupa data angka, label ataupun rumus.


Seandainya data yang akan dievaluasi / digunakan sebagai argument kondisi terdapat pada sel B4, sedangkan data Gaji Pokok tertulis pada sel C4, maka penulisan rumus selengkapnya adalah sebagai berikut (Harap diingat : tidak boleh ada spasi dalam penulisannya !) :

Excell : =IF(B4>=10,C4*15%,C4*5%)
Lotus : @IF(B4>=10,C4*15/100,C4*5/100)

SOAL - 2


Namun karena terjadinya pergantian pemerintahan, maka terjadi juga pergantian kebijaksanaan, termasuk dalam hal kriteria pemberian tunjangan guru. Menteri pendidikan yang baru misalnya menambahkan kondisi ke-2 disamping kondisi yang sudah ada seperti diatas. Pemerintah menentukan bahwa yang mendapatkan tunjangan adalah mereka yang juga berstatus Guru PNS.
Nah lho, gimana donk ?

Untungnya dalam program spreadsheet seperti Excel dan Lotus (perintah Lotus juga dapat dituliskan pada program Quatro-Pro dari Borland Inc.) sudah disediakan rumus (Excel) atau penghubung antara dua kondisi pada suatu argument kondisi dari suatu rumus logika (Lotus), yaitu AND dan OR.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penulisan rumusnya berikut ini :

Rumus AND

=AND(Kondisi-1,Kondisi-2)
[penulisan pada Excel]

yaitu mengevaluasi data, apabila memenuhi kedua kondisi tersebut, akan menghasilkan nilai 1, atau diberikan argument-X jika diterapkan dalam rumus logika IF. Apabila salah satu saja dari kedua kondisi tersebut tidak dipenuhi, maka akan menghasilkan 0 atau argument-Y apabila diterapkan dalam rumus logika IF. (Excel)

(Kondisi-1#AND#Kondisi-2)
[penulisan pada Lotus-123]

yaitu yang menggabungkan dua kondisi sebagai satu argument. (Lotus)


Rumus OR

=OR(Kondisi-1,Kondisi-2)
[penulisan pada Excel]

· yaitu mengevaluasi data, apabila salah satu dari kedua kondisi tersebut dipenuhi, maka diberikan nilai 1 atau argument-X jika diterapkan dalam rumus logika IF. Apabila kedua kondisi tersebut tidak dipenuhi, maka akan menghasilkan 0 atau argument-Y apabila diterapkan dalam rumus logika IF.

(Kondisi-1#OR#Kondisi-2)
[penulisan pada Lotus-123]


· yaitu sebagai pilihan diantara dua kondisi dalam satu argument kondisi. (Lotus)

Catatan :

Perbedaan mendasar antara Excel dengan Lotus-123 dalam penggunaan AND dan OR adalah bahwa pada Excel, AND dan OR adalah rumus tersendiri, sehingga masing-masing memiliki 2 argument, sedangkan dalam Lotus-123 bukanlah suatu rumus, tetapi sebagai penghubung antara 2 kondisi dalam satu argument pada rumus kondisi (seperti pada rumus @IF misalnya).


Berdasarkan contoh diatas, maka dapat kita simpulkan bahwa :

* Guru yang telah bertugas selama 10 tahun adalah argument Kondisi-1 atau syarat pertama yang harus dipenuhi oleh data yang dievaluasinya.

* Guru yang berstatus = "PNS" adalah argument Kondisi-2 atau syarat kedua yang harus dipenuhi oleh data yang dievaluasinya.

* Tunjangan dari pemerintah sebesar 15% dari Gaji Pokok adalah argument-X.

Sekarang perhatikan :
Argument-X ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi memenuhi persyaratan kedua kondisi (untuk rumus AND) atau cukup salah satu kondisi saja (untuk rumus OR).

* Tunjangan dari pemerintah sebesar 5% dari Gaji Pokok adalah argument-Y.
Sekarang perhatikan :
Argument-Y ini akan diberikan apabila data yang dievaluasi hanya satu kondisi saja yang dipenuhi (untuk AND) atau kedua-duanya tidak memenuhi persyaratan seperti tertulis pada argument kondisi


Jika data yang akan dievaluasi dan akan digunakan sebagai argument kondisi pertama terdapat pada sel B4, argumen kondisi kedua terdapat pada sel C4 sedangkan data Gaji Pokok tertulis pada sel D4, maka penulisan rumus selengkapnya adalah sebagai berikut
(PERHATIKAN : tidak boleh ada spasi dalam penulisannya !) :

Dengan menggunakan AND

Excel :
=IF(AND(B4>=10,C4="PNS"),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#AND#C4="PNS",D4*15/100,D4*5/100)

Dengan menggunakan OR

Excel :
=IF(OR(B4>=10,C4="PNS"),D4*15%,D4*5%)
Lotus :
@IF(B4>=10#OR#C4="PNS",D4*15/100,D4*5/100)

Penulisan rumus ini bisa Anda terapkan pada program Excel dan Lotus dengan sistem operasi MS-DOS atau PC-DOS, OS/2 atau Windows.


Selamat Mencoba ....!

1 komentar:

  1. pas bener,gw lg tes krja..lupa rumusnya eh ktmu lg.hehehe.tq..follow my
    blog ya
    http://nerfed85.blogspot.com/

    BalasHapus